Peranan AI dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis E-Commerce

Teknologi Artificial Intellegence (AI) memang menjadi salah satu teknologi yang memberikan manfaat besar bagi berbagai macam sektor, terlebih sektor bisnis. Di mana, pemanfaatan AI ini sangat banyak dan sangat berguna bagi sektor bisnis. AI juga memiliki peran tenting dalam kepuasan pelanggan. Apa peranan AI dalam peningkatan kepuasan pelanggan pada bisnis e-commerce? 

Sebagai penambah pengetahuan agar Anda tidak terlalu tertinggal mengenai informasi tentang dunia teknologi dan bisnis, maka kami akan menyajikan informasi tentang AI dalam dunia bisnis E-commerce. 

Jadi, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana teknologi kecerdasan buatan ini dalam peningkatan kepuasan customer pada e-commerce, Anda bisa simak uraian artikel ini sampai habis. 

Peranan AI dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis E-Commerce

Bisnis merangkul teknologi untuk memberikan layanan dan pengalaman yang konsisten kepada pelanggan. Artificial Intellegence (AI) merevolusi layanan pelanggan dengan meningkatkan keterlibatan konsumen dan memberikan layanan pelanggan 24/7.

Hal ini tidak hanya mengubah layanan pelanggan tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen dan kesadaran merek.

Lalu apa saja penerapan AI dan otomasi proses dalam layanan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan penggan pada bisnis e-commerce?

Aspek AI yang menarik adalah luasnya kemungkinan penerapannya. Berikut adalah beberapa peran AI dalam layanan pelanggan:

1. Dukungan Pelanggan Berbasis Chatbot

Bisnis kecil dan besar memperluas layanan pelanggan mereka dengan menerapkan chatbot cerdas, yang merupakan salah satu peran utama dukungan pelanggan bertenaga AI.

60% klien online tidak suka menunggu lebih dari 60 detik untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Chatbots meminimalkan waktu tunggu klien dan memberikan jawaban yang lebih cepat atas pertanyaan mereka, sehingga meningkatkan loyalitas konsumen.

Chatbots tidak hanya dapat memberikan balasan tepat waktu dengan respons real-time secepat kilat, tetapi mereka juga dapat mengurangi tekanan pada agen manusia dengan menangani sejumlah besar pertanyaan konsumen dengan akurasi terbaik dan interaksi seperti manusia.

2. Memprediksi Kebutuhan Konsumen

Anda pasti terkejut dengan bagaimana situs web belanja dan aplikasi e-commerce memahami apa yang Anda inginkan bergantung pada kunjungan halaman reguler, pemilihan item keranjang, dan berbagi sosial. Ini adalah inti dari model pembelajaran AI.

Pembelajaran AI sangat penting untuk memproses dan menganalisis aliran data besar dan memutuskan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. 

Dalam layanan pelanggan, pembelajaran AI dan analitik prediktif dapat membantu agen mendeteksi pertanyaan dan tanggapan umum.

3. Ketersediaan Dukungan 24×7

Pelanggan ingin merek dapat diakses dan responsif setiap saat sepanjang tahun. Di sinilah layanan pelanggan otomatis datang untuk menyelamatkan. 

Ini memungkinkan bisnis untuk memberikan bantuan pelanggan sepanjang waktu dan dengan cepat menangani masalah. 

Pelanggan dapat menjawab pertanyaan mereka 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tanpa harus menunggu banyak waktu untuk mendapat tanggapan. Ini bisa menjadi penting untuk organisasi yang beroperasi secara global dan ingin meningkatkan layanan pelanggan.

4. Membantu Pelanggan dalam Pengambilan Keputusan

Hampir 80% pelanggan menganggap chatbot bertenaga AI dapat membantu mereka membuat keputusan pembelian yang lebih baik daripada manusia.

Pelanggan saat ini berinteraksi dengan merek di seluruh perangkat, memerlukan titik kontak yang disesuaikan untuk meningkatkan proses pengambilan keputusan pelanggan.

Asisten bertenaga AI otomatis menanggapi pertanyaan konsumen dengan cepat, memperoleh informasi mendetail tentang produk atau layanan, dan memberikan saran untuk membantu pelanggan membuat keputusan terbaik. 

Jika komunikasi antara pelanggan dan chatbot menjadi terlalu rumit, komunikasi tersebut diteruskan ke manusia.

5. Natural Language Processing

Menganalisis interaksi konsumen biasanya merupakan proses yang memakan waktu yang membutuhkan banyak tim dan sumber daya. Natural Language Processing (NLP) sekarang mengatasi pengulangan seperti itu, menghasilkan kepuasan dan efisiensi pelanggan yang meningkat.

NLP adalah teknik untuk mengajar komputer untuk memahami ucapan manusia. Pentingnya NLP dalam layanan pelanggan sangat besar.

AI suara dapat secara akurat mentranskripsikan panggilan secara waktu nyata dan melacak kata kunci serta seberapa sering panggilan tersebut muncul dalam interaksi konsumen. 

agen dapat memenuhi kebutuhan pelanggan lebih cepat dengan menganalisis data untuk tren dan tema tertentu.

Apa Arti AI untuk Layanan Pelanggan?

1. AI Memperkenalkan Penghematan Biaya yang Sangat Besar

Menggunakan solusi yang mendukung AI dapat secara dramatis mengurangi biaya layanan pelanggan. Mengapa? Karena AI memungkinkan karyawan Anda untuk fokus pada kueri yang lebih canggih sambil mengotomatiskan masalah sederhana dan berulang yang muncul setiap hari.

Dukungan pelanggan yang didukung AI berarti seiring waktu, Anda akan membutuhkan lebih sedikit karyawan untuk memberikan layanan yang sama dengan waktu reaksi yang lebih cepat. 

Memang, menurut penelitian, chatbot sendiri diperkirakan akan memangkas pengeluaran perusahaan lebih dari $8 miliar per tahun pada tahun 2022 melalui penghematan operasional dan tenaga kerja. Penghematan ini dapat dihabiskan untuk teknologi yang dapat berguna dan terus mengembangkan solusi yang lebih baik bagi pelanggan.

2. AI dapat Menjadi Andalan

Ketika kebutuhan pelanggan berubah, organisasi yang berkomitmen untuk menyediakan tingkat layanan tertinggi harus menggabungkan metode dukungan inovatif untuk memberikan keandalan dan kemampuan beradaptasi yang tak terbantahkan. 

Konsumen mengharapkan tingkat kedewasaan yang tinggi dalam cara bisnis menghadirkan solusi layanan yang maju secara teknologi ini.

Ketika digunakan secara efektif, teknologi AI dapat menghasilkan tingkat keandalan yang sulit ditandingi oleh manusia. Chatbots membantu mengatasi semua hambatan dan masalah yang mungkin dihadapi saat berhadapan dengan karyawan layanan pelanggan manusia.

3. AI Berarti Presisi

Di dalam hal melayani individu dengan kemampuan terbaiknya, otak manusia memiliki kemampuan yang terbatas dan sering diganggu oleh kesalahan dan kekeliruan. 

Solusi layanan berbantuan AI di samping mematuhi kriteria yang ditetapkan dan sangat efisien, juga mampu menghasilkan pengalaman klien berkualitas tinggi dengan sedikit AHT (Average Handling Time). 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *