Pahami Extended Reality, Masa Depan Hubungan Digital

Menurut Bonanza88, wabah mengenalkan beberapa orang pada kehidupan kombinasi yang memadankan faktor kehidupan dunia riil dengan kegiatan virtual. Dari bekerja lewat Zoom sampai pesan bahan makanan langsung di depan pintu, kita semuanya menjadi terlatih dengan digitalisasi kegiatan rutin hidup.

Lepas dari apa Anda menyenanginya atau membencinya, atau justru masih coba pahaminya, tidak ada jalan untuk kembali. Produk dan pengalaman digital saat ini terus akan tempati rangking tinggi antara fokus perusahaan dan customer.

Lalu yang menolong semuanya jadi realita ialah tehnologi seperti virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan Mixed Reality (MR), gabungan yang lebih dikenali sebagai Extended Reality (XR). Sekarang ini, tehnologi ini jadi nyaris tidak dipisahkan untuk siapa saja yang ingin tingkatkan pengalaman digital mereka.

Maka ini hari Bonanza88 ingin ajak Anda untuk menyaksikan lebih dekat apakah itu extended reality atau realita yang diperlebar, dan bagaimanakah cara kerjanya.

Apakah itu Extended Reality?

Silahkan kita jabarkan arti dibalik realita yang diperlebar, dan apa yang diwakilkan oleh tehnologi itu. Extended Reality (atau XR) ialah istilah umum untuk lingkungan yang dibuat computer yang menyatukan dunia fisik (riil) dengan virtual dan membuat pengalaman yang seutuhnya virtual untuk pemakai.

XR sebagai kombinasi dari 3 tehnologi: virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan mixed reality (MR). Dengan menjadikan satu semuanya, XR bisa ungkap spektrum kesempatan baru yang luas di lingkungan berbasiskan virtual dan riil.

Untuk mempunyai pengetahuan yang lebih bagus mengenai apakah itu realita yang diperlebar, silahkan kita awali dengan menyaksikan pengertian dari 3 elemen sebagai penunjangnya:

– Virtual Reality

Realita virtual (VR) ialah lingkungan 3D yang seutuhnya dibuat lewat tehnologi computer di mana pemakai bisa seutuhnya terbenam dalam realita replikasi dengan kontribusi earphone khusus. Secara singkat, realita virtual sanggup hasilkan gambar dan suara realitas yang mengikutsertakan panca indera pemakai di dunia virtual, seperti pada kehidupan nyata.

– Augmented Reality

Augmented Reality (AR) tidak membuat realita baru, tetapi munculkan gambar virtual ke dunia nyata. Pemakai bisa memakai piranti seperti handphone atau tablet mereka untuk munculkan gambar virtual yang dibikin secara digital ke lingkungan kehidupan riil mereka. Contoh-contoh tehnologi AR yang dipakai terhitung filter Instagram, lensa Snapchat, dan permainan Pokémon Go.

– Mixed Reality

Mixed Reality (MR) berada pada sebuah tempat di persilangan VR dan AR. Tehnologi ini memadankan dunia riil dan virtual untuk membuat lingkungan yang kompleks di mana komponen fisik dan digital berhubungan secara real time.

Maka Extended Reality meliputi tehnologi VR, AR, dan MR, dan semua tehnologi imersif masa datang yang memungkinkannya peluasan realita sekalian memadankan diagram virtual dengan komponen dunia nyata. Tehnologi itu diantaranya misalkan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), konektivitas 5G, dan lain-lain. XR meliputi spektrum penuh lingkungan virtual dan riil.

Secara singkat, dengan memakai extended reality (XR), orang bisa berkunjung lingkungan virtual dan turut serta dalam pengalaman dengan yang interaktif dan imersif yang secara realitas bisa menyamakan apa yang bisa mereka akses di dunia nyata. Ini ialah gagasan khusus dibalik metaverse dan kenapa realita yang diperlebar penting untuk membikin semua bekerja.

Rintangan XR

Mereka yang meningkatkan tehnologi XR berusaha dengan beberapa rintangan untuk dapat jadikan ini sebagai tehnologi khusus di periode depan.

Pertama, tehnologi XR kumpulkan dan mengolah data yang paling besar. Data ini berisikan info yang paling detil dan individu mengenai apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda saksikan, serta emosi Anda di saat tertentu. Ditambah, itu semua data yang perlu diproteksi.

Selanjutnya, ongkos implementasi tehnologi ini perlu di turunkan. Bila tidak, banyak beberapa perusahaan tidak segera dapat melakukan investasi di dalamnya. Apa lagi, piranti wearable yang memungkinkannya pengalaman XR penuh diharap stylish dan nyaman dan selalu tersambung, imersif, dan pintar.

Selanjutnya masih tetap ada permasalahan tehnis dan piranti keras yang berarti untuk diperpecahkan yang meliputi penampilan, daya dan termal, pencarian gerak, sambungan, dan pencahayaan umumdi mana object virtual di dunia riil tidak bisa diperbedakan dari object riil khususnya saat penerangan berubah.

Bersamaan berakhirnya hari, Bonanza88 percaya beberapa aktor industri tehnologi beberapa langkah lebih dekat untuk pecahkan permasalahan ini. Maka tidak boleh bingung jika kita akan menyaksikan semakin banyak program khusus dari semua tehnologi XR di beberapa tahun mencatatng.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *