Mengenal Xiangqi – Catur Tradisional China Yang Populer

Banyak sekali jenis permainan yang ada di dunia ini. Salah satu permainan yang telah menjadi sorotan dunia bahkan ada kompetisi dunianya adalah catur. Tahukah Anda jika ada beberapa jenis catur yang bisa dimainkan, salah satunya adalah Xiangqi, catur tradisional China yang populer. Jika Anda belum paham tentang jenis catur ini, kami akan membantu Anda untuk lebih mengenal Xiangqi – catur tradisional china yang populer. 

Mengenal Xiangqi – Catur Tradisional China Yang Populer

Xiangqi, dikenal di barat sebagai Catur Cina, adalah permainan yang sangat populer di Belahan Bumi Timur. Saat ini dimainkan oleh jutaan atau bahkan puluhan juta di Cina, Taiwan, Thailand, Singapura, Vietnam, Hong Kong, dan negara-negara Asia lainnya. 

Catur Tradisional China ini Xiangqi dalam bentuknya yang sekarang selama berabad-abad. Secara umum diyakini bahwa Xiangqi dan Catur Ortodoks berasal dari permainan India asli Chanturanga, tetapi beberapa, seperti Sam Sloan dan David Li, menyatakan bahwa Catur sebenarnya berasal dari Cina.

Apa pun hubungan antara Xiangqi dan Chaturanga, tampaknya sangat mungkin mereka terkait, karena kesamaan di antara mereka terlalu sulit untuk dijelaskan sebagai kebetulan belaka. 

Kedua permainan tersebut dimainkan dengan aturan yang kurang lebih sama, dan kecuali Meriam, setiap bidak Xiangqi sangat mirip dengan bidak Chaturanga yang menempati posisi yang kira-kira sama dan memiliki nama yang mirip atau identik artinya.

Pengucapan Mandarin 象棋 adalah sesuatu seperti shawn chee, dan ini diromanisasi menjadi Xiàng Qí di Pinyin, sebagai Hiangk’i di EFEO, sebagai HsiangCh’i di Wade-Giles, dan sebagai SyangChi di Yale. 

Pengucapannya dalam bahasa Kanton adalah jun kay, yang diromanisasi dalam sistem jyutping sebagai zoeng6 kei4*2. Dalam literatur tentang permainan, telah diterjemahkan dalam banyak cara lain, termasuk tseung k’i (Culin), Chong-Kie (Suzuki), Siang k’i (Murray), tseung-ki (Davidson), Hsang Chi ( Gollon), dan Shiang-Chi (Sloan, “Sejarah Catur Cina”). 

Sementara banyak yang mungkin mengabaikan romanisasi resmi, Sloan menyukai ejaannya karena lebih akurat secara fonetik. Di web dan literatur terbaru, ejaan Pinyin yang disederhanakan untuk Xiangqi telah menjadi standar, dan ejaan itu akan digunakan di sini.

象 (xiàng) 棋 (qí) diterjemahkan menjadi Elephant Game. Karakter pertama digunakan dalam game untuk bidak Gajah. 

Yang kedua berarti permainan strategi, dan itu juga menandakan salah satu dari empat seni, qin (musik), hua (lukisan kuas), shu (kaligrafi) dan qí (permainan strategi), yang seharusnya dimiliki oleh seorang sarjana pria Tionghoa.

Kata tersebut mungkin awalnya merujuk pada permainan yang sekarang disebut Weiqi atau Go, meskipun dalam penggunaan saat ini hanya berarti permainan papan strategi.

Ada banyak literatur tentang Xiangqi, sebagian besar dalam bahasa China. Namun, ada beberapa buku yang tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.

Cara Bermain Xiangqi

Jika Anda tahu cara bermain Catur, aturan Xiangqi akan familier. Gagasan umumnya sama. Setiap pemain mengontrol pasukan bidak, menggerakkan bidak satu per satu, dan mencoba mendapatkan bidak kerajaan lawan. 

Ini berbeda dari Catur dalam objek, papan, pengaturan, bidak, dan beberapa aturan.

Obyek

Objek Xiangqi adalah untuk skakmat atau Stalemate lawan. Skakmat sama di kedua game. Di Xiangqi, bidak untuk skakmat adalah Jenderal lawan. 

Anda telah melakukan skakmat lawan Anda ketika Anda telah menyerang Jenderalnya menempatkannya di posisi skak, dan dia tidak dapat menghilangkan skak tersebut dengan gerakan apa pun. Tidak seperti Catur, di mana Stalemate dihitung sebagai seri, Stalemate di Xiangqi memenangkan permainan untuk pemain yang melakukannya. 

Untuk menghindari kebingungan di antara pemain Catur yang menganggap Stalemate identik dengan seri. 

Stalemate adalah ketika seorang pemain tidak memiliki langkah lagi untuk bermain. Seri adalah saat pertandingan berakhir seri. Dalam Catur, Stalemate adalah salah satu syarat dalam permainan, antara lain mengarah pada hasil imbang. Di Xiangqi, pemain tanpa langkah legal kalah.

Board

Papan Xiangqi tradisional adalah kisi-kisi sepuluh garis horizontal dan sembilan garis vertikal. Garis vertikal terputus di tengah, sehingga papan tampak sebagai dua kisi dari lima garis horizontal dengan sembilan garis vertikal. 

Gangguan ini disebut sungai. Ini berfungsi sebagai penghalang bagi Gajah. Bidak lain dapat melewatinya seolah-olah tidak ada, Bidak mendapatkan kemampuan untuk bergerak ke samping setelah melewatinya. 

Papan tersebut tampak sangat mirip dengan papan yang tidak dicentang lainnya, seperti papan yang dimainkan Shogi dan Chaturanga, tetapi alih-alih berada di ruang yang dibatasi oleh garis, potongan-potongan tersebut berada di persimpangan. 

Persimpangan ini disebut titik. Diyakini bahwa jenis penempatan bidak ini dipinjam dari WeiQi (dikenal di barat sebagai Go). Dua istana diposisikan di sisi berlawanan dari papan. 

Masing-masing dibedakan dengan salib berbentuk x yang menghubungkan keempat titik sudutnya. Sepanjang permainan, Jenderal dan Penasihat setiap pemain harus tetap berada di istana.

Diagram Papan Xiangqi

Papan di atas menunjukkan berbagai tanda berbentuk L untuk menandai titik penyiapan Pion dan Meriam. Tanda-tanda ini tidak ada di semua papan komersial, dan tidak ada kaitannya dengan jalannya permainan.

Dari kiri ke kanan di baris bawah dan atas, Anda melihat: Chariot, Horse, Elephant, Adviser, General, Adviser, Elephant, Horse, dan Chariot. 

Di baris ketiga, Anda melihat Meriam di depan Kuda, dan di baris keempat Anda melihat Pion, satu spasi di antara setiap Pion. Sisi yang ditampilkan di bagian bawah papan biasanya disebut Merah, sisi lainnya Hitam, meski terkadang Biru atau Hijau.

Bagian-bagian

Karena mungkin sulit bagi orang barat untuk mengingat bidak Tionghoa, gambar bidak Tionghoa dan barat digunakan, dan informasi diberikan tentang karakter Tionghoa yang digunakan untuk bidak tersebut. 

Peringatan: Setiap karakter disadur dari halaman di chinese-characters.org, meskipun beberapa detail di sini awalnya berasal dari zhongwen.com.

Kereta / Benteng

Kereta (atau Benteng) bergerak persis sama dengan Benteng dalam Catur. Ia bergerak dalam garis lurus secara horizontal atau vertikal melintasi sejumlah ruang kosong, berhenti di ruang kosong atau ruang pertama yang ditempati oleh salah satu bidak lawan. Itu tidak boleh melewati ruang yang ditempati.

Karakter yang digunakan untuk karya Tionghoa, 車, adalah piktograf kereta dari atas, memperlihatkan roda di bagian atas dan bawah.

Kuda / Ksatria

Kuda, umumnya dikenal dalam literatur Catur Peri sebagai Mao, mampu menjangkau semua ruang yang sama dengan yang dapat dijangkau oleh Ksatria Catur, tetapi ia tidak dapat melompati bagian-bagian. 

Saat bergerak, pertama-tama ia memindahkan satu ruang secara ortogonal diikuti oleh satu ruang lagi secara diagonal ke luar. 

Ketika ruang pertama yang akan dipindahkan ditempati, pergerakannya ke arah itu diblokir. Itu mungkin tidak pernah berhenti di ruang pertama pergerakannya. 

Jadi itu tidak bisa mencapai ruang apa pun yang tidak bisa dijangkau oleh Chess Knight.

Dikenal sebagai mӑ dalam bahasa Tionghoa, karakter karya ini, 馬, adalah piktograf kuda yang memperlihatkan kepala, surai, kaki, dan ekornya. Nama Cina mirip dengan kata bahasa Inggris mare, yang berarti kuda betina.

Menteri / Gajah

Bidak Merah disebut Menteri, bidak hitam disebut Gajah. Beberapa literatur tentang Catur Cina akan menempel pada satu nama atau yang lain. H. T. Lau menyebut mereka berdua Menteri, sedangkan Federasi Xiangqi Dunia menyebut mereka berdua Gajah. 

Kami cenderung menyukai Gajah, seperti yang ditunjukkan pada potongan barat yang digunakan. Dengan nama apa pun, bidak ini menggerakkan dua ruang dengan arah diagonal yang sama. 

Seperti Kuda, ia tidak boleh melompati ruang yang ditempati. Jadi, jika langkah pertama gerakannya melewati ruang yang ditempati, ia diblokir dan mungkin tidak melakukan gerakan itu. 

Selain itu, Gajah terkurung di sisi sungai mereka sendiri. Karena keterbatasan ini, Gajah hanya dapat menjangkau tujuh ruang papan.

Dua karakter yang digunakan untuk karya ini adalah homonim dalam bahasa Tionghoa, keduanya ditransliterasikan menjadi xiàng. 

Karakter bidak Hitam, 象, adalah piktograf gajah. Karakter ini juga digunakan dalam nama game. Karakter untuk bidak Merah, 相, menunjukkan mata 目 di balik pohon 木. 

Pohon adalah sosok di sebelah kiri, dan mata adalah benda yang terlihat seperti tangga. Sebagai kata kerja, artinya memeriksa atau mempelajari. Sebagai kata benda, itu berarti perdana menteri.

Adviser / Guard

Adviser/penasihat (juga dikenal sebagai Penasihat, Mandarin atau Penjaga) bergerak satu ruang secara diagonal. Di papan adat, garis-garis diagonal di istana menghubungkan titik-titik yang mungkin dicapai oleh Penasihat. Itu mungkin tidak pernah meninggalkan istana. Selain batasan ini, itu identik dengan bidak Shatranj yang biasa dikenal sebagai Ferz

Itu nama Cina shì berarti sarjana. Karakter untuk bidak Hitam, 士, menggabungkan karakter untuk 1 (一) dan 10 (十) yang berarti seseorang yang mengetahui semuanya dari satu sampai sepuluh. 

Karakter Merah, 仕, menggabungkan karakter untuk orang, 人, dengan cendekiawan, 士, pada dasarnya mempertahankan makna yang sama. 

Nama Penasihat (digunakan oleh Federasi Xiangqi Dunia) dan Penasihat (digunakan oleh H. T. Lau) memiliki arti yang mirip dengan ini. Penasihat adalah terjemahan umum dari shì dan ferz, tetapi Penasihat memiliki keuntungan karena tidak dimulai dengan huruf yang sama dengan Cannon sementara pada dasarnya memiliki arti yang sama. 

Nama Guard dan Mandarin sama-sama dipopulerkan oleh John Gollon. Nama Penjaga menjelaskan fungsi bidak dalam game. Seorang Mandarin adalah semacam pejabat publik di kekaisaran Cina. Sepertinya tidak ada terjemahan yang akurat.

Jenderal / Raja

Jenderal memindahkan satu ruang secara ortogonal di dalam batas-batas istana. Kedua Jenderal tidak dapat saling berhadapan dalam file terbuka. Misalnya, Jenderal merah di e1 dan Jenderal hitam di e10, tanpa potongan di file elektronik di antaranya, adalah posisi ilegal. 

Jika salah satu Jendral duduk terbuka pada file yang terbuka, Jendral lainnya tidak boleh pindah untuk menempati file tersebut. Berbeda dengan Raja dalam Catur, Jenderal tidak boleh bergerak secara diagonal.

Karakter Hitam untuk bagian ini, 將, ditransliterasi menjadi jiáng, menggabungkan karakter untuk hukum, 寸, di pojok kanan bawah, dengan fonetik. 

Artinya akan atau akan. Karakter Merah, 帥, ditransliterasikan sebagai shuái, menggabungkan karakter untuk bukit 𠂤 dan spanduk 巾. Bukit ada di sisi kiri, spanduk di kanan. Sebagai kata benda, artinya komandan, sebagai kata sifat, tampan.

Meriam

Meriam bergerak berbeda saat bergerak untuk menangkap daripada saat bergerak secara pasif. Itu bergerak sama seperti Kereta saat tidak menangkap sepotong, dan bergerak ke arah yang sama saat menangkap kecuali untuk melakukan penangkapan itu harus melompati satu bagian yang menghalangi, disebut sebagai layar. 

Dengan kata lain, Cannon menangkap dengan melompati bidak kedua untuk menangkap bidak ketiga. Sebagai contoh, Meriam di a1 dapat mengambil bidak di f1 ketika tepat salah satu ruang b1, c1, d1, atau e1 ditempati oleh bidak dengan salah satu warna. 

Meriam hanya menangkap saat melompat dan hanya melompat saat menangkap. Mereka mungkin tidak pernah melompati lebih dari satu bidak dalam gerakan tertentu.

Karakter untuk bidak Merah, 炮, menunjukkan api di sebelah kiri dan fonetik untuk nama Tionghoa páo, 包. Karakter bidak Hitam yang ditampilkan di sini hanya memiliki fonetik, tetapi di beberapa set bidak Hitam ditampilkan sebagai 砲, menunjukkan batu 石 dengan fonetik. 

Páo Cina terdengar seperti pow efek suara bahasa Inggris, dan mengingat karakter tersebut menyertakan fonetik untuk suara ini, kemungkinan besar nama Cina untuk Meriam adalah onomatopoeik.

Tentara / Pion

Pion Xiangqi bergerak satu ruang vertikal ke depan. Saat menyeberangi sungai, ia memperoleh kemampuan tambahan untuk bergerak satu ruang ke samping. 

Tidak seperti Pion ortodoks, gerakan pasif dan gerakan menangkapnya selalu sama, tidak pernah mendapatkan gerakan ganda, dan tidak mempromosikan ke bidak lain di peringkat terakhir. Karena tidak bisa bergerak maju lagi, Pion di peringkat terakhir hanya bisa bergerak ke kiri atau ke kanan.

Bidak Merah, 兵, ditransliterasikan sebagai bing, menunjukkan tangan 廾 memegang kapak 斤. Potongan Hitam, 卒, ditransliterasikan sebagai zú, menggabungkan piktograf jubah 衣 dengan angka 1 一 atau tanda guratan 丿. Kedua karakter tersebut berarti prajurit.

Aturan lainnya

Merah bergerak lebih dulu.

Pemeriksaan terus-menerus dilarang. Anda tidak dapat memeriksa lawan lebih dari tiga kali berturut-turut dengan bidak yang sama dan posisi papan yang sama.

Anda tidak dapat memaksa bidak musuh untuk bergerak ke dan dari dua ruang yang sama, tanpa batas waktu, untuk menghindari penangkapan. 

Jika Anda memindahkan Benteng ke e5, mengancam Meriam di e6, dan satu-satunya gerakan yang dapat dilakukan lawan Anda adalah Meriam ke f6, maka Anda tidak dapat memaksa Meriam itu ke dan dari e6 dan f6 dengan memindahkan Benteng Anda ke dan dari e5 dan f5, tanpa batas. 

Tujuan dari aturan ini (dan aturan di atas) adalah untuk menghindari undian cek terus-menerus. Beberapa dari situasi ini rumit, tetapi orang yang memaksakan gerakan terus-menerus biasanya harus menghentikannya.

Permainan ini seri ketika tidak ada pihak yang bisa memaksa skakmat atau jalan buntu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *