Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-22 Atas Thailand di SEA Games 2023

Tim Garuda muda U-22 berhasil memboyong medali emas sepak bola pada perhelatan SEA Games 2023 setelah menuntaskan perlawanan timnas Thailand dengan skor 5-2. Tentunya, capaian ini terasa sangat luar biasa bagi sahabat Bonanza88 karena bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun selalu menjadi runner-up.

Duel antara Indonesia melawan Thailand di final yang helat di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa(16/5/2023) ini berlangsung dramatis. Banyak drama terjadi dipertandingan yang berlangsung selama 120 menit ini dimana wasit asal Oman Kassem Matar Al-Hatmi  mengeluarkan total 18 kartu, 12 kartu kuning dan enam kartu merah.

Mengalahkan Thailand di final sepak bola SEA Games memang tidak pernah mudah karena Garuda muda pernah dua kali memberi kekalahan di final SEA Games 1997 dan 2013. Namun, kali ini Timnas Indonesia berhasil meraihnya.

Tim asuhan Indra Sjafri tampil impresif sepanjang gelaran SEA Games 2023 sehinga mampu menghasilkan performa yang terus menanjak hingga partai puncak.

Di balik prestasi istimewa ini, ada sejumlah faktor yang ikut membantu Garuda muda mampu meraih medali emas ini.

Tangan Dingin Indra Sjafri 

Tangan dingin Indra Sjafri sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-22 juga menjadi faktor penting yang mampu mengelola performa Garuda Muda di ajang Sea Games 2023.

Indra Sjafri selalu merotasi pemain selama empat pertandingan grup yakni melawan Filipina, Myanmar, Timor Leste, dan Kamboja sehingga mendapatkan komposisi terbaik saat di laga semi final dan final.

Kemenangan ini juga membuat pelatih asal Sumatera Barat ini berhasil memperpanjang rekor kemenangannya saat berjumpa Thailand.

Dimana kemenangan sebelumnya di raih pada final Piala AFF U-22 tahun 2019, Indra Sjafri membawa Timnas Indonesia menaklukkan Thailand dengan skor 2-1 dan juga pada Fase Grup SEA Games 2019 Indra Sjafri kembali menaklukan Thailand dengan skor 2-0.

Ketajaman Lini Serang

Sektor lini serang Timnas Indonesia U-22 memang memiliki ketajaman yang teruji dan produktif dalam menghasilkan gol, total 21 gol berhasil disarangkan ke gawang lawan pada SEA Games 2023 ini. 

Marselino Ferdinan dkk berhasil memperoleh catatan meyakinkan di fase grup dengan menyapu bersih empat pertandingan dengan kemenangan. Garuda muda berhasil membekuk Filipina 3-0, Myanmar 5-0, Timor Leste 3-0, dan Kamboja 2-1. 

Di semi final, dengan mentalitas yang baik dengan sukses mencetak gol kemenangan 3-2 atas Vietnam dan di partai puncak Garuda muda mampu meraih kemenangan 5-2 atas Negeri Gajah Putih.

Dua pemain penting di lini serang Garuda Muda yaitu Ramadhan Sananta dan Fajar Fathur Rahman  bahkam memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di SEA Games 2023 dengan torehan lima gol bersama striker Vietnam, Nguyen Van Tung.

Mental Pemain yang Tangguh

Mental Pemain Garuda muda yang tangguh juga menjadi penentu keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menjuarai SEA Games 2023.

Terlihat saat laga semifinal menghadapi Vietnam, Garuda Muda memiliki daya juang yang luar biasa meski harus tampil dengan 10 pemain setelah Pratama Arhan mendapat Kartu Kuning Kedua.

Pada pertandingan tersebut, timnas bermain dengan sikap sabar dan menunggu momen kelengahan lawan sehingga pada akhirnya dapat mencetak gol di menit ke-90+5 berkat sepakan milik Taufany Muslihuddin.

Hal yang sama juga terjadi saat melawan Thailand di babak final. Skuad Garuda Muda tetap tak gentar meladeni perlawanan Thailand meski sempat diwarnai kericuhan antara pemain dan juga tim official kedua tim, dan hujan kartu merah.

Indonesia mampu bangkit di babak tambahan waktu meski mendapat prank dari wasit. Dan waktu telah melewati masa tambahan waktu serta bola telah meninggalkan lapangan wasit Matar Ali meniup peluit dan membuat Indra Sjafri dan ofisial Timnas Indonesia U-22 masuk ke lapangan untuk merayakan keberhasilan timnas Indonesia memboyong medali emas sepak bola dalam perhelatan SEA Games 2023. 

Namun, secara mendadak wasit meminta Indra Sjafri untuk keluar dari lapangan pertandingan lantaran wasit ingin laga tersebut kembali untuk dilanjutkan. Artinya, pertandingan rupanya belum berakhir.

Nasib sialnya, Timnas  U-22 kebobolan saat laga kembali dilanjutkan sehingga menjadikan skor berubah menjadi 2-2.

Mental yang tangguh diperlihatkan garuda muda dimana pada  babak tambahan 2×15 menit, Timnas Indonesia U-22 mencetak tiga gol tambahan lewat aksi Irfan Jauhari, Fajar Fathur dan Beckham Putra.

Jam Terbang Pemain

Pemain-pemain Garuda Muda yang bermain di SEA Games bisa dibilang sudah cukup matang karena sudah sering tampil reguler disetiap pertandingan mewakili Indonesia ataupun Club.

Nama-nama yang dibawa di SEA Games 2023 ini sebagian besar juga merasakan gemblengan Shin Tae-yong saat mempersiapkan Timnas U-19 untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2021 dan telah menjalani pemusatan latihan (TC) jangka panjang yang diselenggarakan di Kroasia.

Adapula pemain-pemain muda yang mampu mencuri perhatian di level klub dan mendapatkan menit bermain yang reguler bersama klubnya masing-masing di Liga 1 serta  menjadi andalan Timnas Indonesia level senior.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *