Mengenal Euchre – Permainan Kartu Strategis Asal Amerika

Sahabat Bonanza88 pernah mendengar sebuah permainan bernama Euchre ? Ya, permainan kartu satu ini begitu populer di Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris Raya, terutama di Cornwall dan Negara Barat Inggris. 

Jika ditarik ke belakang, permainan satu ini berasal dari permainan Alsatian abad ke-19 yang disebut sebagai Juckerspiel di mana kata ini telah mempengaruhi pilihan istilah joker untuk kartu tambahan yang diperkenalkan ke dalam permainan Euchre Amerika pada tahun 1860-an.

Pada dasarnya, Euchre adalah varian permainan kartu remi yang mana dalam permainanya harus dapat memunculkan joker untuk pertama kali. Di mana, hadirnya trick-taking yang artinya terdapat satu pemain di mana memainkan kartu dengan suit atau jenis tertentu.

Tujuannya yakni untuk bisa menjadi pasangan pertama dalam mencapai skor tertinggi dengan cara memenangkan sebuah tawaran dan juga mencetak poin dalam setiap rondenya.

Pada dasarnya, Euchre melibatkan taktik dan strategi matang dan kemampuan untuk bekerja sama dengan pemain lain. Permainan satu ini bisa dimainkan oleh empat orang atau lebih pemain.

Euchre dimainkan oleh empat pemain dalam tim yang terdiri dari dua orang. Permainan dasarnya mirip dengan Whist, yaitu setiap pemain memainkan satu kartu di mana kartu tertinggi akan memenangkan permainan, kecuali pemain telah memainkan kartu dengan jenis truf. 

Perbedaan penting dari Whist adalah salah satu pemain menamakan truf dan kemudian harus memenangkan sebagian besar trik di tangan itu. Permainan ini dimainkan dalam beberapa putaran hingga salah satu tim mendapatkan 10 poin.

Euchre menggunakan setumpuk 24 kartu yang standar. Terdiri dari berbagai kartu 9, 10, Jack, Queen, King dan juga Ace. Bahkan, beberapa variasi juga menggunakan Joker.

Di mana, Dealer awal dipilih secara acak, pada putaran berikutnya pemain di sebelah kiri dealer adalah dealer baru dan seterusnya. 

Lalu, lima kartu dibagikan kepada setiap pemain dalam dua putaran pembagian. Setelah semua pemain memiliki kartu mereka, tumpukan kartu teratas menghadap ke atas.

Setelah kartu dibagikan, maka pemain harus memilih apa yang akan menjadi kartu trump. Pada kondisi ini, ada satu kartu menghadap ke atas di atas meja, jenis kartu itu adalah kartu trump. 

Di mana, posisinya bergerak searah jarum jam di sekitar meja. Lantas, dimulai dengan pemain di sebelah kiri dealer, setiap pemain bisa mengatakan “Pass”, yang berarti mereka tidak ingin setelan itu menjadi trump, atau mereka dapat mengatakan “Order it up” dalam hal ini setelan kartu menjadi trump dan putaran pemanggilan segera berakhir. 

Lalu, kartu menghadap ke atas di atas meja pergi ke dealer yang mengambilnya dan membuang salah satu kartu dari tangannya dan kemudian permainan siap untuk dimulai. Tim yang memilih trump dikenal sebagai “Makers” dan tim lainnya dikenal sebagai “Defenders”.

Jika semua pemain mendapatkan kartu trump maka ada putaran penamaan trump lainnya, di mana seorang pemain hanya menyebutkan kartu mana yang ingin menjadi trump  atau mengatakan “pass”. Apabila tiga pemain pertama melewati babak ini, maka dealer dipaksa untuk menyebutkan trump. Ini menjadi aturan “Stick the dealer”.

Pemain yang mendapatkan diizinkan untuk bermain sendiri. Apabila pemain memilih ini maka lawannya akan meletakkan kartunya dan tidak berpartisipasi dalam sisa putaran itu. 

Perlu diingat, bermain sendiri bisa membantu Anda mencetak lebih banyak poin. Selain itu, peringkat kartu trump di Euchre sangat berbeda dari kebanyakan permainan. Di mana, setelan trump berperingkat lebih tinggi daripada setelan lainnya, tetapi di dalam setelan trump, Jack (dikenal sebagai Right Bower) adalah kartu tertinggi. 

Kemudian, Jack dalam setelan lain yang warnanya sama dengan trump adalah kartu trump terbaik berikutnya. Misalnya jika kartu sekop adalah trump maka Jack akan menjadi kartu tertinggi berikutnya, yang dikenal sebagai Bower Kiri). 

Setelah itu,  sisa kartu trump mengikuti secara berurutan dari tinggi ke rendah, yakni Ace, King, Queen, 10, 9. Peringkat kartu trump adalah: Jack of Hearts (Bower Kanan), Jack of Diamonds (Bower Kiri), Ace of Hearts, King of Hearts, Queen of Hearts, 10 of Hearts, 9 of Hearts.

Lantas, bagaimana memenangkan permainan Euchre ?

Secara strategis, ada dua cara untuk melihat permainan ini, tetapi keduanya mengarah ke tujuan yang sama. 

Di satu sisi, Anda bisa mengatakan ini adalah permainan strategi yang sangat sedikit, dengan hanya beberapa poin yang harus dipertimbangkan. Ini benar, karena tidak ada waktu yang jelas ketika penawaran atau passing, bermain tim atau pergi sendiri, akan secara dramatis meningkatkan atau menurunkan peluang menang atau kalah.

Kedua, bisa dibilang ini adalah permainan yang sangat terampil karena berkali-kali, sepanjang sejarah Euchre selama berabad-abad, pemain dan/atau tim yang sama telah menang secara konsisten.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *