Lakukan Tips Dibawah Ini Supaya Laptop Anda Awet

Sahabat Bonanza sering mengalami gangguan pada laptop kesayangan ? mungkin Anda kurang begitu mengerti bagaimana cara merawatnya dengan benar deh.

Laptop sudah menjadi kebutuhan utama dalam aktivitas manusia. Bahkan, dalam dunia perkantoran, perangkat portable ini sudah mengubah fungsi pekerjaan dari manual menjadi lebih praktis dan mudah. 

Pada dasarnya, laptop sendiri hanya sebatas alat bantu kerja yang juga membutuhkan sebuah perawatan selayaknya mesin kendaraan. 

Apabila Anda tak cermat dalam merawatnya, maka bakal menyebabkan berbagai masalah seperti error, kinerja menurun, hingga mati secara mendadak.

Namun, masalah yang kerap kali muncul dalam penggunaan laptop yakni kinerja baterai yang sudah menurun dan juga proses komputasi yang lambat. 

Nah, supaya sahabat Bonanza88 terhindar dari berbagai masalah laptop diatas, maka Anda  dapat mulai mencoba merawatnya. Lakukan tips perawatan di bawah ini ya :

Simpan Laptop di Tempat Tepat

Tips merawat laptop pertama dan juga mudah dilakukan oleh Anda yakni dengan menyimpan laptop di tempat yang tepat. 

Di mana, Anda perlu menghindari menyimpan laptop kesayangan di tempat lembab yang bisa menjadi salah satu faktor munculnya kerusakan. 

Apalagi jika Anda menyimpannya dalam kurun waktu yang lama. Hal tersebut tentu saja bakal terjadi pengembunan kepada komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Misalnya, hindari menyimpan laptop di atas lemari yang tinggi, bawah kolong tempat tidur Anda, hingga kepada tempat yang berdekatan dengan sumber air. Hal tersebut menjadi salah satu langkah bijak dalam merawat laptop yang jarang dipakai.

Menyimpan Laptop dengan Kondisi Terbuka

Tips merawat laptop selanjutnya yakni dengan menyimpannya dalam kondisi terbuka. Ini dikarenakan bisa mengurangi tekanan terutama di bagian keyboard. 

Pasalnya, merawat laptop dengan menyimpannya dalam kondisi terbuka bakal mengurangi tingkat kerusakan pada bagian keyboard. 

Selain itu juga, tingkat kelembapan laptop juga bakal berkurang ketika disimpan dalam kondisi terbuka.

Lepaskan Baterai Sebelum Disimpan

Kadang setelah selesai menggunakan laptop Anda langsung mematikannya bukan ? sebaiknya Anda juga melepas baterai laptop sebelum disimpan. Apalagi jika menyimpannya dalam waktu cukup lama. 

Kenapa ? Karena hal ini bertujuan untuk memutuskan aliran listrik pada laptop secara menyeluruh supaya menghindari terjadinya adanya hubungan arus pendek listrik yang sangat berisiko merusak laptop. 

Selain itu, usia daya pakai baterai juga bakal lebih lama lantaran memang jarang dipakai oleh Anda. Jadi jangan lupa cabut batere ya sahabat Bonanza88.

Gunakanlah Cooling Pad

Tips merawat laptop selanjutnya yakni terdapat pada bagian kipas laptop. Agar membantu kinerja kipas laptop, maka Anda bisa memakai cooling pad sebagai alas laptop. 

Diketahui, Cooling pad bisa menjaga supaya laptop Anda tetap dalam kondisi dingin lantaran sirkulasi udara panas yang mana keluar dari bawah laptop dapat berjalan dengan baik bila dibantu kipas tambahan. 

Pasalnya, jika suhu dalam sistem terjaga tetap dingin, tentunya hardware dalam laptop pun akan lebih awet bukan.

Aktifkan Battery Saver

Sahabat Bonanza88 mungkin saja tak selalu mengecek kondisi baterai pada saar fokus bekerja. Namun, Anda bisa mengaktifkan fitur Battery Saver yang otomatis akan mengingatkan saat baterai laptop mencapai persentase tertentu, misal sebanyak 10% atau 20% tersisa. 

Dengan begitu, sistem bakal otomatis melakukan penyesuaian supaya baterai Anda lebih awet seperti mengurangi aplikasi yang berjalan dan juga kecerahan layar.

Jangan Langsung Menutup Laptop Selepas Dimatikan

Selepas laptop dimatikan, maka diamkanlah dulu sebentar laptop Anda selama kurang lebih 5-10 menit atau hingga laptop Anda benar-benar dalam keadaan dingin. 

Hal tersebut lantaran laptop yang baru saja dimatikan biasanya masih dalam kondisi panas. Anda dapat merasakannya pada bagian keyboard-nya.

Apabila langsung menutupnya, maka panas yang seharusnya keluar dari sebuah laptop malah bakal mengenai layar monitor laptop. Jika dilakukan secara terus-menerus bisa merusak layar laptop lho.

Gunakanlah Antivirus

Virus atau malware bisa saja menjangkiti laptop dan juga menyebabkan kerusakan sistem. Anda mungkin tak menyadari ketika virus masuk ke laptop bukan. 

Oleh karena itu, gunakanlah antivirus dan juga pastikan antivirus selalu update supaya bisa menghapus virus jenis apa pun. Selain itu, Anda juga wajib melakukan scan berkala agar laptop selalu bersih dari virus apapun.

Matikan Program yang Tidak Digunakan

Mematikan berbagai program yang berjalan namun tak dipakai merupakan cara bijak lainnya supaya menjaga laptop Anda tetap awet dan tahan lama. Anda dapat melakukannya dengan cara di bawah ini (Windows):

  • Klik kanan di layar taskbar
  • Pilihlah Task Manager
  • Pada tab Processes, Anda dapat melihat daftar program yang mana berjalan dan juga memori yang digunakan
  • Matikanlah program-program yang menurut Anda tidak kamu butuhkan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *