Kenapa Amazon Demikian Sukses?

Amazon. Terang, perusahaan ini tak perlu dikenalkan. Menurut Bonanza88, nyaris semuanya orang minimal pernah dengar mengenai pasar Amazon, basis e-commerce di penjuru dunia yang menjadikan satu konsumen dan supplier.

Apa yang diawali sebagai retail buku online sudah jadi raksasa global, dengan berlangganan keanggotaan, toko fisik, bahan makanan untuk dipasarkan, piranti pintarnya sendiri, dan mekanisme pengangkutan yang bisa mengantar barang ke konsumen setia cuma pada sebuah jam.

Menariknya, pendiri perusahaan tersebut semenjak awalnya tidak ketahui tentu mengenai masa datang Amazon menjadi demikian luar biasa.

“Tidak ada agunan jika Amazon.com menjadi perusahaan yang sukses. Apa yang kami coba kerjakan benar-benar sulit,” kata si pendiri Amzaon Jeff Bezos pada 1999, cuma 5 tahun sesudah mengeluarkan perusahaan onlinenya itu.

Ini hari, nyaris 30 tahun semenjak diawalinya, Amazon adalah perusahaan khalayak paling bernilai di dunia, dengan Mr Bezos saat ini jadi orang paling kaya di dunia.

Bagaimana Amazon jadi demikian sukses? Bagaimana seorang calon pebisnis, yang spesialis usaha awalannya ialah jual buku, sukses membuat kerajaan ritel global? Silahkan dapatkan jawabnya bersama dengan membaca artikel ini!

Riwayat Singkat Amazon

Pendiri Amazon ialah Jeff Bezos, seorang pebisnis asal dari Amerika, insinyur astronot komersil, dan computer. Perusahaan ini dibangun dari garasi Bezos di Bellevue, Washington, di tahun 1994.

Awalannya, project ini direncanakan sebagai toko buku, karena buku lumayan gampang didapat, dialokasikan, dan dibungkus. Pada waktu itu, si pendiri peluang tidak paham jika ini akan meletus jadi peristiwa di semua dunia.

Perusahaan itu nyaris dinamakan yang serupa sekali berlainan, yakni Cadabra, sebagai rekomendasi untuk frasa ajaib “abracadabra “.

Sesudah beberapa pertimbangan dalam, Bezos pada akhirnya putuskan menggunakan nama Amazon, sebagai rekomendasi ke sungai populer di Amerika Selatan.

Gagasannya ialah jika opsi buku di tokonya akan selebar sungai paling besar di dunia itu, dan Bezos terang lebih dari sukses untuk merealisasikannya.

Website pertama Amazon.com ada di tahun 1995, dan sudah memperoleh sekitaran 180.000 account konsumen setia pada Desember 1996. Kurang dari satu tahun selanjutnya, Amazom.com sudah kumpulkan sampai 1 juta account konsumen setia.

Pada akhirnya, Amazon meluaskan penjualannya ke tempat lain. Seperti electronic customer, video games, dan piranti lunak yang lain, bersama dengan alat pembaruan mainan dan rumah.

Amazon ialah perusahaan pertama kali yang hadapi rintangan dalam adopsi perkembangan tehnologi terkini untuk tingkatkan performa toko.

Perusahaan itu berani melakukan eksperimen dengan AI sekalian pertajam kegiatan pemrosesan dan recruitment pesanannya dan memberikan fasilitas pemenuhan pesanan dengan robot dan drone. Pada tengah 2000-an, Amazon mulai tingkatkan lajur tehnologi inovatifnya dengan mengeluarkan AWS.

Lalu, apa sebetulnya yang membuat Amazon demikian terkenal waktu itu? Ide untuk dapat cari, pilih, dan lakukan pembelian dari kenyamanan rumah, lalu terima barang di muka pintu seorang dalam sekian hari cukup mengagetkan untuk beberapa orang saat itu.

Sekarang ini, Amazon.com ialah pasar komplet yang jual barangnya sendiri dan memungkinkannya supplier faksi ke tiga memakai platformnya untuk jual produk mereka, memungkinkannya konsumen setia untuk memperbandingkan harga dan mendapati penawaran terbaik.

Tiap detik, Amazon menulis pemasaran nyaris 4.722 USD. Tiap menit, pemasaran itu sejumlah 283.000 USD. Pada sebuah jam, perusahaan ini rerata hasilkan lebih dari 17 juta USD dalam penjualan.

Factor Kunci Sukses Amazon

Amazon.com tempati rangking di atas Walmart serta eBay sebagai basis berbelanja paling sukses. Maka kenapa Amazon demikian sukses dan apa yang membuat Amazon unik? Silahkan kita saksikan lima factor yang berperan pada keberhasilan Amazon.

1. Konsentrasi pada pengembangan

Sama seperti yang kami sebut awalnya, Amazon sudah jadi perintis dalam adopsi tehnologi dan langkah terkini yang muncul. Seperti pemakaian robot untuk merampingkan efektivitas operasi pemenuhan e-commerce atau implementasi program AI di semua logistik, distribusi, dan pergudangan.

Amazon mengeksploitasi kesempatan baru untuk konsumen setianya dengan sediakan berbelanja dengan Alexa, pendamping suara yang memungkinkannya konsumen jalani perjalanan e-commerce mereka dengan perintah suara bukannya mengeklik mengetok monitor atau mouse.

Tehnologi ini bisa juga dipakai untuk putar lagu, memeriksa cuaca, atau sekedar berbicara dengan Alexa. Menariknya, lebih dari 250.000 lamaran pernikahan sudah disodorkan ke Alexa!

2. Service Konsumen setia yang Inovatif

Amazon selalu mengutamakan pastikan pengalaman konsumen setia yang luar biasa. Bezos lebih sukai fokus pada konsumen setia perusahaan dibanding kompetitornya, dan konsep ini bisa dibuktikan berhasil.

Amazon sediakan halaman service konsumen setia yang ditata secara baik yang memungkinkannya penelusuran intuitif dan cepat untuk info yang dibutuhkan.

3. Pembahasan Produk Amazon

Tersedianya alat yang mendalam di Amazon.com untuk tinggalkan dan mengevaluasi pembahasan mandiri memperlihatkan kepercayaan Jeff Bezos akan keutamaan kepuasan konsumen setia.

Pada Februari 2022, Amazon.com mempunyai lebih dari 2,2 miliar lawatan dari mobile dan desktop. Salah satunya argumen kenapa mereka terima sebagian besar lawatan ialah penampilan operan balik konsumen setianya.

Operan balik ini bukan hanya memberi langkah untuk seutuhnya pahami pemahaman konsumen setia mengenai merk dan menghitung kepuasan mereka dengan pedagang, tapi juga memungkinkannya calon client untuk memandang manfaat pembelian lewat opini client lain.

Amazon larang pembahasan bersponsor dari penjual yang memakai pembahasan itu untuk maksud mereka.

4. Asumsi produk tanpa batasan

Amazon.com memiliki hak menyebutkan dianya mal digital. Ini ialah tempat universal untuk konsumen untuk cari semua tipe produk, memperbandingkan harga, dan pilih yang terbaik dalam soal harga dan kualitas.

Sesudah dikeluarkan sebagai toko buku online, Amazon.com dengan bertahap berkembang ke pasar baru dan memungkinkannya penjual faksi ke tiga untuk tempatkan beberapa barang mereka di pasarnya.

5. Program kesetiaan

Amazon pahami nilai kesetiaan dan dengarkan konsumen setia untuk membahagiakan mereka dengan terbaik. Menjaga tingkat kepuasan dan kesetiaan konsumen setia yang tinggi bukanlah hal gampang, tapi Amazon sukses dengan tawarkan keanggotaan Amazon Prime ke konsumen setia.

Amazon Prime ialah service abonemen berbayar dengan ongkos 139 USD /tahun atau 14,99 USD /bulan. Anggota Amazon Prime memiliki hak atas sebagian besar stimulan, yang paling besar salah satunya ialah pengangkutan gratis dan pengangkutan dalam dua hari.

Walau ongkos masuknya relatif tinggi, penawaran ini benar-benar disukai. Lebih dari 200 juta orang di penjuru dunia mempunyai berlangganan Amazon Prime. Kenapa mereka pilih ini?

Menurut Bonanza88, karena sebagai anggota mereka dapat terima potongan harga untuk beragam tipe produk dan service dan banyak sarana lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *