Review Payment Gateaway Populer Indonesia

Bagi Anda yang sudah sering berbelanja melalui e-commerce seperti toko orange Shopee, toko hijau Tokopedia dan lain sebagainya pasti sudah tak asing dengan istilah Payment Gateway.

Ketika Anda tengah belanja di marketplace, pada menu check out terakhir akan muncul tawaran berbagai jenis pilihan metode pembayaran. Anda bebas memilih jenis metode pembayaran apa yang sesuai dengan kebutuhan finansial.

Inilah sistem payment gateway yang dimaksud untuk menyediakan berbagai piliihan pembayaran agar memudahkan konsumennya. Tak hanya pembeli tetapi juga penjual yang sama-sama mendapat keuntunga n

Dalam prosesnya, payment gateway banyak melibatkan berbagai pihak mulai dari pembeli, pemilik toko online, penyedia payment gateway, dan bank terkait. 

Seperti inilah prosesnya yang Bonaza88 rangkum : 

  • Si pembeli memilih barang dan melakukan check out ke keranjang belanja marketplace
  • Lalu penyedia payment gateway akan langsung meneruskan informasi ke bagian prosesor pembayaran bank yang tersedia di sana.
  • Bank kemudian akan menerima permintaan dan mengirimkan balasan ke bagian prosesor mempergunakan sebuah kode khusus. Dengan catatat, apakah transfer berhasil atau gagal.
  • Lalu prosesor pembayaran akan mengirimkan informasi ke payment gateway dan melanjutkan ke website dan pemegang kartu pembayaran tersebut.

Akan tetapi tahukah Anda, meski terlihat cukup rumit dalam prosesnya, ternyata untuk melakukan proses tersebut hanya berlangsung dalam hitungan detik saja. Cukup mudah dan cepat bukan ?

Tak hanya itu, saat ini metode pembayaran melalui payment gateway menjadi salah satu metode pembayaran paling aman ketika Anda melakukan transaksi online. bagaimana bisa ?

Ya, pada dasarnya layanan payment gateway menerapkan sebuahu sistem keamanan terbaik untuk mencegah terjadinya penipuan pembayaran yang bisa merugikan pihak penjual dan pembeli.

Berikut Bonanza88 terangkan sistem keamanan tersebut?

  1. Address Verification System (AVS). Ini adalah pemeriksaan rincian tagihan pembayaran yang mana berdasarkan alamat kartu yang Anda gunakan
  2. 3D Secure Password. Ini merupakan sebuah password yang sangat aman untuk melakukan berbagai transaksi.
  3. Card Security Code. Setiap transaksi yang Anda lakukan akan melalui pemeriksaan tiga digit terakhir dari nomor kartu debit atau kredit yang dimiliki.

Keuntungan Keamanan Menggunakan Payment Gateaway

Seperti sudah Bonanza88 jelaskan sebelumnya, layanan payment gateway memiliki beragam keuntungan baik untuk penjual dan pembeli. 

Diantara semua keuntungan yang ada, satu yang paling menguntungkan dalam penggunaan cara pembayaran yakni jaminan keamana lebih.

1. Sertifikat PCI-DSS

Penggunaan sertifikat PCI-DSS berlaku pada payment gateway dalam menghindari segala bentuk pencurian data yang dilakukan para hacker.

2. Otentifikasi 3 Faktor

Semua pembayaran yang menggunakan kartu kredit, otentifikasi 3 faktor ini bisa mengurangi risiko penipuan lebih besar lantaran membutuhkan kombinasi tiga data. Dimana termasuk kode OTP dan kode CVV milik pembeli.

3. Fraud Detection System

Dalam sistem layanan payment gateway semuanya dapat berjalan otomatis. Pasalnya semua data akan diverifikasi otomatis ke dalam sebuah sistem sehingga mencegah terjadinya aktivitas penipuan.

4. Penyimpanan Data Transaksi

Semua data transaksi pembeli dalam proses pembayaran payment gateway maka akan tersimpan otomatis. 

Ini karena data tersebut sangat penting untuk melakukan pengecekan riwayat pihak penjual yang berfungsi sebagai data pegangan bil terjadi risiko penipuan. Bahkan, data tersebut bisa dibuka untuk kebutuhan keamanan.

Layanan Payment Gateaway Populer di Indonesia

1. FinPay

Layanan payment gateway satu ini ialah anak perusahaan milik Telkom Indonesia yang mana melayani pembayaran online sejak 30 Mei 2012 lalu.

Diketahui, FinPay telah bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia dan juga provider kartu kredit semisal VISA dan MasterCard. 

2. IPaymu

Layanan payment gateaway ini membantu untuk memudahkan pengguna ketika melakukan berbagai transaksi produk, online shopping, produk berlangganan.

Layanan IPaymu juga bisa melakukan pengiriman dan penarikan uang melalui tiga model bisnisnya yakni ecommerce, payment gateway, dan layanan merchant.

3. Veritrans

Veritrans dapat menerima berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer.

Menariknya, Veritrans juuga sudah didukung melakukan pembayaran melalui minimarket sudah terkoneksi melalui VT-Web, VT-Direct dan VT-Link sehingga bisa menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan online shop penggunanya.

4. Doku

Layanan payment gateaway yang terakhir ini menyediakan sebuah jasa pemprosesan pembayaran online melalui aplikasi online. Dimana, Doku sudah bekerja sama di lebih dari 800 platform bisnis di Indonesia.

Salah satunya yakni maskapai Garuda Indonesia, AirAsia, Guvera, UNICEF, WWF, Java Jazz Production, RajaKarcis, Mulia Hotel, dan juga Bank of South Pacific.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *