Sekilas Tentang Nettop PC Mini yang Dinamis

Bonanza88 yakin semua orang tahu apa itu PC atau komputer desktop. Namun berapa banyak dari kalian yang tahu akan Nettop?

Apa sih sebenarnya nettop?

Jika menilik dari diksi, istilah nettop merupakan gabungan dari internet dan desktop. Jadi sederhananya, nettop adalah sebuah versi kecil dari komputer desktop atau PC, seperti netbook ke notebook.

Bila diuraikan lebih lengkap, Nettop (atau sering juga disebut PC mini, Mini PC atau Smart Micro PC) adalah komputer desktop berukuran kecil, murah dan hanya memerlukan daya yang rendah. Nettop dirancang untuk tugas-tugas dasar seperti penjelajahan web, mengakses aplikasi berbasis web, pemrosesan dokumen, dan pemutaran audio/video.

Oleh karena itu, tujuan nettop adalah untuk menyediakan fungsionalitas komputasi inti dalam paket desktop yang kecil dan murah.

Dibandingkan dengan komputer desktop biasa, nettop mengkonsumsi daya listrik yang jauh lebih sedikit. Misalnya, sebuah nettop biasanya mengkonsumsi daya tidak lebih dari kisaran 8-10 watt. 

Padahal, sebuah PC desktop biasa akan dengan mudah mengkonsumsi daya lebih dari 100 watt. Oleh karena itu, nettop pada dasarnya membutuhkan kemampuan pendinginan yang jauh lebih sedikit dan bahkan mungkin berjalan sama sekali tanpa kipas.

Beberapa nettop bahkan tidak memiliki drive disk optik dan hanya menggunakan solid state drive. Itu membuat PC mini ini dapat berjalan dengan benar-benar tanpa suara.

Namun di sisi lain, spesifikasi perangkat keras dan kekuatan pemrosesan dari nettop biasanya akan ada di bawah desktop. Oleh karenanya, itu membuat nettop kurang sesuai untuk menjalankan aplikasi yang kompleks atau memerlukan kapasitas sumber daya tinggi.

Namun, belakangan ini PC mini modern bisa jauh lebih bertenaga. Mereka kini dilengkapi dengan komponen laptop kelas atas atau komponen desktop kelas menengah.

Pengguna Nettop

Secara dasar, nettop merupakan pilihan ekonomis dan ramah lingkungan bagi seseorang baru pertama kali membeli komputer. Sangat sering, pengguna komputer biasa hanya menggunakan sepertiga dari kemampuan laptop atau komputer desktop modern, bahkan tanpa menyadari tujuan dari beberapa tombol dan soket. Nettop adalah produk yang ditargetkan dengan mempertimbangkan keadaan tersebut.

Ini sangat cocok untuk orang yang tidak terlalu mahir dalam hal teknologi informasi, tetapi terbiasa dengan keterampilan dasar komputer. Lalu untuk pengguna yang lebih berpengalaman, nettop akan menjadi asisten tambahan yang nyaman, terjangkau, ergonomis, dan hampir senyap, yang memungkinkannya digunakan bahkan di malam hari untuk mengunduh film yang Anda suka.

Komputer desktop mini yang elegan ini juga akan menjadi hadiah yang bagus untuk ibu atau nenek, anak, anggota keluarga mana pun yang tidak terlalu menyukai perangkat besar yang rumit. Mereka umumnya adalah orang-orang yang tidak terbiasa, dan tidak ingin, untuk memahami secara mendalam seluk beluk mesin elektronik modern dan memanfaatkan kemampuannya.

Nettop juga perangkat yang luar biasa bagi seorang wanita yang suka menjelajahi internet, tetapi sangat menuntut penampilan perangkat dan tidak ingin komputer memakan banyak ruang di meja rias.

Membeli nettop untuk karyawan kantor juga merupakan pilihan yang sangat baik. Apalagi memasang PC mini ini di meja kerja tidaklah sesulit seperti desktop.

Perangkat ini muat di meja terkecil, dan fungsinya cukup untuk membuat dokumen apa pun dan mengirimnya untuk dicetak atau dikirim melalui email.

Desainnya yang tidak biasa, ditambah dengan layar sentuh, membuat nettop dengan berbaur dinamis ke interior kantor. Apalagi dengan bentuknya yang berbeda dari laptop konvensional, tentu akan menarik perhatian serta menciptakan gaya khusus dan suasana kebaruan yang melekat pada mahakarya miniatur desktop ini.

Anda juga dapat membeli nettop dan untuk digunakan sebagai komputer televisi. Hubungkan nettop ke TV dan unduh musik atau film yang dapat disimpan langsung di dalamnya, sehingga tidak perlu lagi mengotori ruang dengan disk berdebu.

Saat memilih nettop, Anda dapat pula memilih sendiri preferensi sistem operasi yang diinginkan. Dalam hal ini, pilihan yang dibuat sedikit banyak terkait dengan keterampilan teknis si pembeli. Kriteria penting yang perlu dilihat adalah ada atau tidak adanya drive optik, ketersedian semua jenis port dan dukungan nirkabel.

Terakhir Bonanza88 ingatkan, nettop kurang sesuai untuk dipakai untuk bermain videoo game, apalagi jika itu permainan-permainan baru yang memerlukan kapasitas komputasi besar. Namun, untuk komunikasi di Internet, menyimpan foto, mendengarkan musik, mengunduh film dari jaringan serta menontonnya, netto lebih dari cukup.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *